Kamis, 07 Februari 2013

Keistimewaan Internet


Keunggulan dan Keistimewaan Internet

Selama ini banyak orang yang bertanya-tanya, apa sih keunggulan internet dan apa keistimewaan internet dibanding media informasi lain yang sudah lazim dipakai? Di postingan kali ini saya akan jelaskan beberapa keistimewaan internet dibandingkan media – media lainnya yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Efficiency

Banyak orang yang salah kaprah dalam menilai internet, mereka menganggap internet adalah media yang berlebihan dan mewah yang hanya cocok untuk perusahaan-perusahaan besar atau highclass. Jika kita tinjau lebih dalam, internet sesungguhnya jauh lebih effesien dan ekonomis dibandingkan dengan media-media lainnya.

Misalkan jika di kehidupan sehari-hari kita ingin menerbitkan buku setebal 350 lembar dengan oplah 500 Jilid dengan kualitas cetak yang rendah, maka biaya pun tidak akan ukup 5 atau 7 juta. Sedangkan dengan bantuan internet, kita bisa menerbitkan hampir tanpa biaya. Paling tidak, ini tidak memakan anggaran yang besar.

Cukup publish di blog atau website, biarkan si target membuka dan biarkan media internet bekerja untuk anda 24 jam dalam sehari, 7 hari dalam seminggu, dan 365 hari dalam setahun. Tidak terbatas ruang dan waktu. Adakah media lain yang bisa mengunggulinya? Saya rasa hingga saat ini belum ada media yang mengalahkan keunggulan di bagian ini.

Jika dilihat dari segi effesiensi, maka internet pun akan sangat cocok untuk memulai berbisnis, mengapa? Yang pasti, target pasar di internet sangat luas, ditambah media ini akan bekerja secara otomatis untuk Anda seperti yang tadi saya sebutkan.

Hyperlink

Hingga saat ini belum ada pula media lain yang bisa memberikan si pemakai untuk bisa loncat dari satu informasi ke informasi lainnya. Di internet, orang akan sangat dengan mudah beralih dari 1 informasi ke informasi lainnya hanya dengan klik, klik, klik… Dapet deh… 

No License Required

Tidak perlu lisendi untuk menerbitkan informasi. Ups.. tapi bukan berarti bebas sebebas – bebasnya, tetap ada batasannya. Toh, ada hokum yang tetap berlaku, misalkan enerbitan informasi yang menjatuhkan orang lain, mengandung unsure SARA, dll. Semua masih tetap ada aturannya.

Emh, terus apa lagi keuntungannya jika kita lihat dari sudut pandang peluang usaha? Bisakah internet kita jadikan sebagai lahan usaha? Tentu sangat bisa! Bisa banget 

Internet media yang akan memudahkan anda dalam memulai usaha apa pun! Ya, asalakan bisa dijalankan di internet, pasti bisa langsung dijalankan. Misalkan jual kaos, celana atau pakaian jenis lainnya dengan cara buka took online. Toko online akan sangat memudahkan anda karena tidak perlu selalu online, toko offline anda akan sangat terbantu oleh toko online, jika memang di dunia nyata anda memiliki toko tsb. Dengan toko online (shop online) berarti toko anda akan berjalan full 24 jam, tanpa membutuhkan karyawan, sales, kasir, dll. 

Jual buku, kenapa tidak? Banyak yang sudah menggunakan metode online dalam memasarkan buku. Dengan internet berarti anda bisa memasarkan dengan tanpa dibatasi ruang dan waktu. Buku anda bisa anda pasarkan kemanapun anda mau.

Jual file, jika anda memiliki banyak file mata kuliah misalkan. Dulu anda kuliah di kedokteran, dari pada file tsb hanya menjadi file yang tak berguna, anda bisa memasarkannya di internet. Jual kepada para mahasiswa jurusan kedokteran yang masih aktif. Bisa toh?

Jual produk informasi, banyak juga produk infromasi yang dijual di internet, contohnya di rumussukses.com atau blogsukses.com yang memasarkan produk informasi berupa video, audio, dan ebook.

 



from : http://wulan-imudt.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar